FAQ

Seberapa Jauhkah bisa terpakai dalam kondisi baterai penuh?

Jarak maksimum Emoto bisa dikendarai maksimal 70 km dalam kondisi baterai penuh.

Itu adalah jarak maksimum mengingat dalam kondisi penuh dan akan berakhir dalam kondisi baterai yg benar benar terkuras habis. Kondisi pemakaian ideal adalah 30 – 40 km karena dengan demikian kondisi baterai tidak akan benar benar kosong atau akan berpengaruh terhadap usia baterai.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pencapain jarak seperti ukuran dan atau berat padan pengendara, usia baterai, temperature udara, kebiasan pemakaian, jalan dan kondisi lalu lintas.

Apabila keperluan jarak tempuh anda tiap hari kurang dari 40 km, anda akan mendapatkan pelayanan yg layak dari baterai anda, mungkin 1 tahun setengah atau kurang sedikit.

Perhatikanlah bahwasannya gaya anda berkendara, kondisi baterai yang kosong dan tidak terpakai dalam jangka waktu yang lama akan benar benar memperpendek usia baterai anda.

Bagaimanakah menjaga agar baterai saya tahan lama?

Pastikan baterai terisi, ingat energy dalam baterai anda pakai atau anda akan kehilangannya.

Pemakaian beterai secara rutin dalam kondisi terisi 50% akan memperpendek usianya, walaupun terkadan bisa saja di pakai tetapi sebaiknya hindarilah hal ini.

Periksalah terminal baterai dari waktu ke waktu untuk memastikan kondisinya masih melekat denga kuat, sambungan terminal yang longgar akan sangat berpengaruh terhadap menguapnya energy dalam bentuk panas atau mungkin akan melumerkan kepala terminal.

Seberapa seringakah baterai perlu diganti?

Dalam kondisi yang optimal anda akan mulai merasakan berkurangnya kecepatan setelah pemakaian satu sampai satu setengah tahun pemakaian, bisa anda mengantikannya segera atau tunggu beberapa saat.

Sekali lagi, anda benar benar di anjurkan untuk mengikuti saran diatas dan menyesuaikan dengan gaya berkendara anda untuk kendaraan listrik bebas bensin dan ramah lingkungan anda yang baru.

Berapakah biaya untuk mengisi baterai? Berapa biayanya per km?

Biaya untuk mengisi baterai ditunjukan disini, denganperkiraaan per kwh seharga Rp.600 maka akan diperlukan Rp.900 untuk mengisi baterai anda dari benar kosong sampai terisi penuh, (ga jelek khan?)

Biaya per km akan sangat tergantung dari factor factor yang sudah dijelaskan diatas tentang jarak maksimum.

Sedangkan factor yang lain tetaplah sama, dibandingkan dengan motor matic biasa anda maka 900 untuk EMOTO anda dan berbanding terbalik 9000 rupiah untuk motor matic anda (perkiraan harga bensin 4500 / liter )

Bagaimana caranya supaya biaya per kilometer serendah mungkin?

Pastikan ban anda dalam kondisi yang baik dalam artian tidak lembek, berkendara dengan baik tidak ugal ugalan seperti menarik gas perlahan saat mendekati lampu merah atau sebaliknya malah mempercepat laju kendaraan lalu tiba tiba mengerem, pastikan baterai anda terisi lebih dr setengahnya sebisa mungkin dan jagalah motor anda seperti menjaga barang barang berharga anda yang lain

Colokan di rumah tetangga saat mengisi. ( Becanda boo’ )

Berapa lamakah untuk mengisi beterai?

Kira kira akan memakan waktu 8 jam sampai terisi penuh dari kondisi baterai kosong,Pengisi akan berhenti secara otomatis apabila baterai terisi penuh, bisa di lihat melalui tanda panduan hijau.

Hindarilah mengisi baterai kurang dari satu jam karena hal ini akan lebih memberikan efek buruk dari pada baiknya.

Baterai tidak terisi dengan jumlah arus yg sama pada awalnya, selama atau di akhir siklus pengisian maka pengisian sampai penuh sangat di anjurkan.

Seberapa cepatkah EMOTO saya?

Sepeda motor EMOTO akan mencapai batas kecepatan maksimum antara 30 sampai 40 km / jam tergantung modelnya, Sonia adalah yg paling lamban sedang yang tercepat adalah Xenos dan Titan.

Silakan mengacu pada beberapa factor pendukung yng di tanyakan diatas mengenai jarak.

Bisakah saya memodifikasi Emoto saya to mencapai kecepatan yg lbih baik ato jarak yng lebih jauh?

Secara teknik ini bisa dilakukan, anda akan membutuhkan penambahan voltase baterai atau mengganti dynamo atau brushless DC anda dengan yg lebih kuat, demikan juga dengan kontrolernya.

Sekarang ini EMOTO tidak bisa membantu anda terlalu banyak untuk hal ini, tetapi tetaplah terjaga karena hal ini adalah proyek yang sedang di garap untuk masa depan.

Motor listrik bisa meraih penampilah yang sangat lebih baik dibandingakan dengan mesin pembakaran teknologinya sudah ada. ( walaupun belum ada disini )

Apakah kelebihan dari motor listrik?

Bersih, hening, bebas emisi, tidak memerlukan oli atau pelumas lainnya dan secara relative bebas dari perawatan.

System pengendaraanya sederhana, memiliki bagian bergerak yang sangat sedikit maka dari itu akan sangat mengurani kerusakan mesin.

Sangat jauh lebih murah dan mudah dirawat.

Coba saja tanya orang dibelakang anda di lampu merah, apakah mereka lebih suka mengantre di pompa bensin atau motor listrik….

Tanya orang orang yang mempunyai rumah ato toko yang dilalaui tiap hari dan tinggal dengan kebisingan ribuan motor yang ngebut dan menyebarkan asap beracun yg masuk ke dalam rumah ato tokonya..

Bertanyalah pada bengkel mekanik anda apakah dia akan memilih pulang kerumah denga tangan bersih dan tanpa menghirup asap beracun sepanjang hari…

Lalu tanya diri anda sendiri..

Sekarang bayangkan, menunggu di lampu setopan jalan Imam Bonjol jam 5 sore tanpa kebisingan dan polusi kendaraan bermotor ( sebagai ilustrasi abaikan truck dan mobil ) dan kemudian bayangkan masa depan..

Berapa banyak uangkah yang akan di hemat dengan memakai motor listrik…

Dibandingkan dengan motor matic biasa anda akan menghemat kira kira 30 sampai 50 rb per minggu apabila anda memakai Emoto listrik untuk pergi kemana mana.

Motor listrik anda adalah sebuah investasi, anda akan membutuhkan pengeluaran yang terus menerus apabila anda memakai mesin berbahan bakar bensin sperti harus membeli bensin, perbaikan dan sebagainya…

Lihatlah ilustrasi graphic berikut sebagai perbandingan ekonomi, catat kalau saya telah mengilangkan perbaikan selain baterai dalam Emoto, dalam catatan motor matic biasa lebih banyak memiliki bagian bagian yang bergerak dan panasnya mesin memperburuknya, saya mendorong anda untuk membuat perbandingan sendiri dengan motor anda sekarang dan lihatlah hasilnya walaupun dengan scenario terburukpun jelas jelas Emoto akan unggul.

Ketika membandingak dengan harga beli, saya sudah memilih harga termurah untuk matic dan yg termahal untuk emoto.

Dan untuk harga second hand saya menghargakan emoto setengah lebih murah dimana menghargai motor matic anda 8 juta setelah 5 tahun..

Muat dalam pikiran anda apabila anda membeli apabila anda membeli sebuah emoto second dengan satu baterai baru, maka anda akan merasa mengendari kendaraan yang benar benar baru.

Ambil saja contoh saat perusahaan anda membayar 250 ribu perbulan untuk uang bensin, di graphic motor matic anda akan mengapus pemasukan negative, tp di sini yg menarik….kalau anda memakai emoto anda akan langsung menyimpan uang anda di kantong anda sendiri ( jangan bilang bilang sama boss )

Apakah motor listrik lebih efisien dan ramah lingkungan di bandingkan motor biasa? Setelahnya, bukankan sebagian listrik di bali dihasilkan dari generator disel di benoa?

Secara proporsional generator ukuran kecil akan lebih efisien dalam menghasilkan energy dibandingkan dengan mesin mobil ( apalagi generator industri membandingakan dengan motor 90 CC )

Motor berbahan bakar bensin sangat tidak efisien dalam menghasilkan tenaga dan menderita kerugian dalam persentase yang sangat besar dalam bentuk panas ( orang yang berada dekat knalpot bisa meyakini itu, klo 90% orang di bali,,,,

Diluar hal itu, konsumsi listrik anda (Pengisian baterai ) akan anda lakukan pada malam hari dimana saat terjadi kelebihan listrik yang terproduksi dan terpakai..

Mebandingkan kedua duanya pembuangan energy dan polusi yg dihasilkan generator kecil kecil itu, di tambah dengan bahan pelumas yang mengandung racun yang anda pakai setiap bulan untuk sepeda motor biasa anda…..

Mengendarai motor listrik adalah yang termudah, tercepat, dan hal yang paling ramah lingkungan yang bisa anda lakukan untuk mengurangi pemakaian bensin…

Pemasaran bertahun tahun oleh pembuat motor dan perusahan pelumas mengingatkan kita, kita memerlukan minyak untuk perkembangan dan menjual ke kita motor kotor yang tidak efisien hanya untuk mempertahankan atau menyokong hal hal yang tidak penting dimana hal itu membuat mereka makin kaya ( pelumas, suku cadang, minyak..) apakah anda tahu kalau motor listrik sudah ada sebelum motor memakai bahan bakar? Dan sekarang mereka kembali…

Bahkan kita belum mulai membicarakan tentang bentuk lain untuk menghasilkan energi yang tetap akan cocok untuk motor listrik di saat energi itu akan tersedia dimana mana, ini akan menjadi sebuah loncatan dan ini hanya sebuah permulaan.

Apakah mengendarainya berbeda dengan motor biasa?

Mengendarai Emoto anda bukan hanya sebagai alat transportasi, tapi ini adalah sebuah pengalaman mengendari sebiah kendaraan dengan 0 gas emisi. ( hampir 0 bila kita memperhitungakan pabrik dan generator di benoa )

Bayangkan hari raya “nyepi” setiap hari di jalanan…

Bagaimana apabila saya terdampar di jalan dengan baterai yg sudah habis?

Karena industry minyak dan pabrik pabrik motor saling berlomba lomba, pertanyaan yang sama akan selalu muncul ketika kita mendiskusikan pemakaian motor listrik secara mendunia.

Sama seperti anda tidak bahkalan biar mobil anda kehabisan bensin, hal yang sama akan anda menperhatikan dengan motor listrik…

Motor listrik TIDAK MEMERLUKAN pompa bensin, seperti motor biasa, karena Emoto anda akan selalu penuh terisi saat memakainya di pagi hari, apabila orang orang memiliki pompa bensin di rumah maka sedikit ada orang yang perlu berhenti di jalan untuk mengisi bensin.

Disamping itu outlet listrik tersedia dimana mana di banding pompa bensin, setiap rumah ada….

Pikirkan, tidak pernah berhenti dan mengantre hanya untuk mendapatkan seharga 10 ribu rupiah bahan bakar yng penuh dengan racun……

Apakah Emoto bisa untuk setiap orang?

Ya dan tidak: Setiap orang bisa pakai emoto? Ya

Apakah setiap keperluan bisa teratasi dengan motor listrik? Tidak

Apabila anda mengendarai secara serampangan atau anda adalah seorang pengedara yang agresive, motor listrik bukan untuk anda ( belum saatnya )

Apabila anda suka ngebut sepanjang jalan. Motor listrik bukan untuk anda ( belum saatnya )

Jika anda sering atau cenderung secara teratur bepergian ke jalanan yang berbukit, motor listrik bukan untuk anda ( belum saatnya )

Untuk perjalanan panjang lebih dari jarak maksimum, atau di jalan di mana anda diharuskan berkecepatan lebih dari 50 km/ jam untuk menjaga keamanan jalan raya maka sebaiknya anda memilih motor lain. ( belum saatnya )

Kebanyakan orang tahu kira kira seberapa jauhkah mereka melakukan perjalanan tiap hari.

Rata rata orang di bali melakukan perjalanan sejauh 10 – 15 km per hari .

EMOTO untuk anda jika:

Anda memakai motor setiap hari sebagai transportasi untuk jarak pendek atau menengah.

Anda orang asing dan anda tidak mempunyai sim international.

Anda adalah anak remaja yang perlu pergi ke kampus ato sekolah tiap hari..

Anda mau hemat tiap hari.

Anda lebih suka mengeluarkan uang anda untuk hal yangt lebih berharga dari pada membakarnya.

Anda menikmati keheningan, perduli lingkungan untuk kebaikan mahluk lain.

Anda mau melihat Bali yang lebih hijau bersih untuk generasi masa depan.

Jika anda ingin berubah, jadilah perubahan itu sendiri…

Sumber: http://www.emotobali.com/faq.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: