Penjelajah Liar Bertenaga Baterai

Posted on December 30, 2009. Filed under: Molis In News | Tags: , , |

Molis TrailMotokros bertenaga listrik tampaknya akan benar-benar menguasai arena balap berlumpur di masa depan. Saat ini, sejumlah produsen mengembangkan teknologi kendaraan penjelajah medan tanah itu. Bahkan, tak sedikit yang telah merilis produk ramah lingkungan itu ke publik.

Neil Saiki, desainer Zero X dari Zero Motorcycles menegaskan, motokros memang harus lebih memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Terutama motokros yang digunakan di ajang balap. Suara bising yang sangat keras yang keluar dari knalpot motor ini, menurutnya, bisa mengancam masa depan. Terlebih ketika hal itu dipadukan dengan efek dari gas buang yang ditimbulkan.

”Jujur, saya begitu menyukai berkendara dengan motokros. Ini adalah alasan sesungguhnya saya melakukannya (merancang motokros listrik),” ucap Saiki kepada Autopia. ”Saya memimpikan bisa membuat motor yang sangat cepat sekaligus nyaman untuk dikendarai.”

Zero X sendiri saat ini sudah dijual bebas di pasaran. Harga per unitnya sekitar Rp 72 juta. Sepeda motor berbobot sekitar 63 kilogram ini menggunakan batere lithium-ion sebagai sumber tenaga. Dengan kekuatan sebesar 23 tenaga kuda, kecepatan pacu motor bisa mencapai 91 kilo meter per jam (57 mph).

”Edisi jalan rayanya akan diluncurkan secepatnya tahun depan,” imbuh Saiki.

Saiki memulai untuk mengembangkan Zero X sekitar lima ahun silam. Idenya muncul setelah dia mengikuti sebuah acara yang digelar NASA. Yaitu diskusi yang menganalisis seputar perkembangan teknologi transportasi. Ketika itu, Saiki langgsung memiliki keyakinan bahwa energi listrik adalah jawabannya, dan sepeda motor adalah objek yang tepat untuk mengembangkannya.

”Sepeda motor lebih kecil dan lebih praktis dari mobil. Regulasi juga tidak akan menjadi halangan ketika harus meluncukan ini ke jalan raya,” tegasnya.

Sepeda motor jenis off-road sendiri, menurut Saiki, merupakan jenis yang paling cocok untuk merealisasikan idenya. Alasannya, jarak yang ditempuh para pengguna sepeda motor ini relatif tidak terlalu jauh. Di sisi lain, motor listrik juga mampu memberikan torsi yang besar. ”Ini kelebihan lain yang didapat.”

Tenaga instan yang dihasilkan Zero X, papar Saiki, akan membuat penunggangnya harus ekstra hati-hati. Karena motor ini begitu hening. ”Tetapi sedikit saja Anda menarik gas dengan kencang, maka seketika roda depannya akan terangkat,” ujarnya. ”Katupnya begitu sensitif.”

Motor ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2 detik untuk mencapai kecepatan terendahnya, yaitu sekitar 48 kilometer per jam (30 mph). Sedangkan untuk mencapai kecepatan maksimum 92 kilometer per jam (57 mph), waktu yang dibutuhkan bisa mencapai dua kalinya. Dengan batere yang berbobot sekiar 18 kilogram, motor ini bisa melaju sekitar dua jam. Kisaran waktu yang sama juga dibutuhkan untuk pengisian ulang batere dengan menggunakan soket biasa.

Mirip Sepeda Gunung

Tampilan motokros yang dilengkapi rem hidrolik dan suspensi yang adjusable ini memang sangat mirip dengan sepeda gunung. Jangan aneh, karena ini bukan sebuah kebetulan. Sebab, Saiki jugalah yang merancang sepeda gunung Santa Cruz, Haro dan Mountain Cycles.

Saiki yang memiliki titel insinyur ruang angkasa ini telah mengerjakan tujuh prototipe dan 300 lebih rancangan dari komponen semua tipe tersebut. Sepeda motor itu dikerjakan Saiki di sebuah pabrik dekat Santa Cruz. Saiki berharap bisa memroduksi sekitar 300 unit hingga musim panas mendatang. Sejak April lalu hingga saat ini, sebanyak 127 unit Zero X telah terjual. Itu belum termasuk 77 pesanan dalam daftar tunggu, di mana dua di antaranya memesan mendadak ketika dia melihat motor tersebut melintas di depan kantornya.

”Sekitar 75 persen konsumen Zero X adalah pengendara motokros musiman,” ujarnya.

Sedikit bocoran, Zero X edisi jalan raya akan mulai dipasarkan Januari 2009 mendatang. Motor ini dikabarkan mampu melaju hingga sekitar 100 kilometer dengan kecepatan maksimum 112 kilometer per jam. Banderolnya sekitar US$ 9 ribu atau sekitar Rp 87 juta.

Sumber : http://otomotif.vivanews.com

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: