Sepeda Motor Listrik, Sumber Tenaga dan Kinerja Kendaraannya

Posted on December 28, 2009. Filed under: Molis In News | Tags: , , |

Sepeda motor listrik sendiri adalah kendaraan tanpa bahan bakar yang digerakkan oleh listrik dengan media penyimpanannya yaitu batere dengan media penggeraknya dinamo. Karena kelangkaan BBM di Negara ini, tidak sedikit produsen otomotif berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor termasuk salah satunya.

Kekurangan dari Sepeda motor listrik ini adalah tidak boleh dinamonya tergenang atau dicuci oleh air. Namun kebanyakan motor listrik yang ada di pasaran telah menggunakan dinamo yang kedap air, jadi walaupun dinamo terendam air, air tetap tidak masuk ke bagian dalam dinamo. Batere pun sudah di segel sedemikian rupa sehingga bagian-bagian yang sensitif terhadap air terlindungi.

Untuk kondisi jalanan tanjakan, sepeda listrik bisa bergerak dengan rata-rata sudut kemiringan 20 – 30 derajat.  Rata-rata kecepatan sepeda listrik yang ditawarkan di Indonesia memiliki kecepatan 35 – 50 km/jam, sebagian ada yang dilengkapi dengan rem tromol (sebagian sudah menggunakan rem cakram), lampu jarak jauh, lampu sen, klakson, dan lampu rem. Jarak tempuh sepeda listrik yang tersedia di Indonesia adalah 50 – 80 km, dan semua itu cukup mengeluarkan biaya Rp. 900. Waktu yang diperlukan untuk mengisi penuh batere adalah 6 – 8 jam dan batere dapat diisi terus tanpa harus menunggu habis.

Sumber : http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/sport (dengan sedikit revisi)

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: